Jumat, 04 Mei 2012

Membukakan Jalur Akses – Bagaimana Sikap Anda?

Atasan Anda meminta untuk memberikan anaknya akses ke Internet pada salah satu komputer kantor sehingga ia bisa mengerjakan PR-nya. Menyediakan akses ke Internet berarti membuka akses ke jaringan perusahaan. Apakah tepat membukakan jalur akses yang yang bisa membahayakan perusahaan?


Pemikiran Secara Konservatif Anda harus menolak permintaan bos Anda. Tidak dibenarkan untuk memungkinkan akses ke jaringan perusahaan yang tidak sah ke pengguna. anaknya mungkin bisa menjadi seorang hacker seperti banyak anak muda saat ini.
Pemikiran Secara Liberal anak bos Anda bukan merupakan ancaman bagi keamanan perusahaan dan selain itu, jika bos Anda menyuruh anda untuk memberikan akses internet, maka itu adalah tanggung jawabnya jika terjadi masalah. Hanya memberinya seminimum mungkin akses yang diperlukan untuk mengakses Internet.

Pendapat AKU, seorang bos / atasan dapat dipastikan memiliki wawasan yang lebih jauh, apalagi ini ada hubungannya dengan masalah keamanan sebuah perusahaan. Jika dia tetap meminta untuk membukakan akses internet untuk anaknya, berarti secara otomatis dia harus tahu resiko-resiko yang akan terjadi. Dan bagaimana yang harus dilakukan seorang administrator? Jika saya berada dalam posisi seperti ini, saya akan membukakan jalur akses internet dengan batas seminimum mungkin dan tetap mengawasi aktifitas anak tersebut melalui jaringan. Dan setelah semua selesai ada baiknya langsung ditutup kembali jalur aksesnya. Dengan demikian semua bisa berjalan dengan baik, keamanan terhadap perusahaan tetap aman begitu juga dengan pekerjaan saya sebagai administrator pun aman.


1 komentar:

Awesome mengatakan...

Pendapat atau ide saya sih...!
Karna itu perintah atasan atau Bos kita, maka kita harus membukakan akses internet tersebut tapi kita harus tetap memantau dan mengawasinya jika anak tersebut samapai membuka akses yang merugikan kelemahan dengan masalah keamanan perusahaan itu berarti kita harus mengasih tahu si anak tersebut akan membahayakan sistem keamanan agar tidak terjadi masalah yang berlebihan untuk itu harus di batasi setelah selesai mengakses harus segera menutup kembali jalur aksesnya, setelah itu kita serahkan pada atasan atau Bos kita karna dia yang lebih berhak pada sistem administrator dan tahu resiko nya yang akan terjadi.