Sabtu, 21 April 2012

Etika Profesi, Konservatif, dan Liberal

Etika
  • Bertens (1994) menjelaskan, Etika berasal dari bahasa Yunani ethos yang berarti karakter, watak kesusilaan atau adat kebiasaan.
  • Berdasarkan asal – usul kata tersebut Etika berarti Ilmu tentang apa yang biasa dilakukan atau ilmu tentang adat kebiasaan.
  • Fagothey (1953), Etika adalah studi tentang kehendak manusia, yang berhubungan dengan keputusan yang benar atau yang salah dalam tindak perbuatannya
  • Sumaryono (1995), Etika merupakan studi tentang kebenaran dan ketidakbenaran berdasarkan kodrat manusia yang diwujudkan melalui kehendak manusia dalam perbuatannya.

Berdasarkan Nilai dan Norma yang terkandung didalamnya, Etika dikelompokan menjadi:
  • Etika Deskriptif, Etika yang berbicara tentang fakta, yaitu nilai dan pola perilaku manusia yang terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya dalam masyarakat
  • Etika Normatif, Etika yang memberikan penilaian serta himbauan kepada manusia tentang bagaimana harus bertindak sesuai norma yang berlaku


Pengertian Profesi
Bekerja merupakan kegiatan pisik dan pikir yang terintegrasi. Pekerjaan dapat dibedakan menurut kemampuan (fisik dan intelektual), kelangsungan (sementara dan terus menerus), lingkup (umum dan khusus), tujuan (memperoleh pendapatan dan tanpa pendapatan).

Profesi adalah : Pekerjaan tetap bidang tertentu berdasarkan keahlian khusus yang dilakukan secara bertanggung jawab dengan tujuan memperoleh penghasilan

Jadi...
 
Pengertian Etika Profesi Menurut :
Bartens (1995) menyatakan, kode etik profesi merupakan norma yang ditetapkan dan diterima oleh kelompok profesi, yang mengarahkan atau memberi petunjuk kepada anggotanya bagaimana seharusnya berbuat dan sekaligus menjamin mutu moral profesi itu di mata masyarakat.

Kode etik profesi merupakan produk etika terapan karena dihasilkan berdasarkan penerapan pemikiran etis atas suatu profesi. Kode etik profesi dapat berubah dan diubah seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga anggota kelompok profesi tidak akan ketinggalan zaman.


Konservatif berasal dari bahasa latin COM SERVARE, yg artinya "melindungi dari kerusakan/kerugian". Jadi yang dinamakan konservatif adalah orang yg tidak mau melakukan perubahan karena kuatir mempunyai dampak yg tidak baik terhadap dirinya maupun lingkungan atau bisa disebut "kolot/ortodok." 

Sedangkan Liberal  berasal dari kata Latin 'liber' yang artinya "bebas" atau "merdeka",jadi yang dinamakan liberal itu sendiri adalah kebebasan untuk melakukan sesuatu.


Referensi : http://dunianyasiayu.wordpress.com/2010/06/10/etika-profesi-572-modul-kuliah/
                http://eziekim.wordpress.com/2012/03/10/etika-dan-profesionalisme-tsi/



Tidak ada komentar: