Definisi Sistem Administrator adalah seseorang yang
bekerja untuk memelihara dan mengoperasikan sebuah sistem komputer atau
jaringan yang berjalan setiap harinya disebuah organisasi/perusahaan. Seorang sistem administrator bisa menyelesaikan
segala jenis persoalan mengenai komputer yang tentunya pengetahuannya diatas
rata-rata. Seorang
technical support yang bertanggung jawab penuh tentang sistem komputer, tugas
utamanya adalah memastikan sistem tetap berjalan lancar dalam memberikan
pelayanan kepada penggunanya.
Tugas
seorang administrator adalah:
- Meng-install software dan hardware baru
- Mendukung dan memelihara server atau sistem komputer lainnya
- Merencanakan servis sistem yang masanya sudah habis atau tidak layak lagi
- Menambah user baru
- Konfigurasi hak akses
- Upgrade software
- Memberikan solusi setiap masalah yang ada
- Melakukan proses monitoring terhadap space harddisk dan melakukan backup file-file atau direktori yang penting.
Tugas-tugas
lain yang dilakukan administrator adalah :
- Meliputi penulisan bahasa pemrograman,
- Memimpin proyek yang berhubungan dengan sistem yang sedang ditangani,
- Mengawasi dan memberikan pelatihan pada operator komputer.
Referensi : http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2012/03/pengertian-etika-dan-profesionalisme-2/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar